[REVIEW ALBUM] BIGBANG “MADE”

Ibarat seekor singa yang tengah terbangun dari tidurnya yang panjang, dunia hiburan musik Korea Selatan seolah kembali dihantam badai besar! Oke ini berlebihan.

unnamed

Well.. tahun ini Bigbang akhirnya melakukan comeback setelah vakum selama 2 tahun lamanya dengan kembali meluncurkan album mereka yang berjudul “MADE” dan album ini dibagi menjadi 4 single album yaitu single album M, A, D dan E. Jadi, Bigbang menggebrak dunia Kpop di tahun 2015 dengan meluncurkan single album “M” di bulan Mei yang berisi Loser dan Bae Bae yang kemudian dilanjutkan dengan meluncurkan album A, D dan E di bulan Juni, Juli dan Agustus. Di setiap single albumnya terdapat 2 lagu jadi MADE totalnya ada 8 lagu.

Bisa dibilang Bigbang meluncurkan mini album di setiap bulannya. Iya bisa dibilang gitu sih. Kurang ajar banget gak sih monsternya KPOP comeback terus tiap bulan. Idol lain yang comeback bisa tercekik selama 4 bulan gara-gara head to head terus sama Bigbang, termasuk bocah-bocah jonse gue yang harus dua kali juga head to head sama Bigbang dimana kabar buruknya adalah gue lebih keracunan lagunya Bigbang HAHAHA tulung.

Tulung gue diracun sama monster KPOP. Tulung gue bisa apa kalo yang mulia king of kpop mulai murka tulung.

Bedebah.

Oke jadi ceritanya gue udah dengerin single-single yang ada di album MADE dan inilah hasil dari pengamatan gue selama empat bulan ini (halah!) tentang lagu-lagu yang ada di album tersebut. Gue juga udah meranking lagunya mulai dari yang paling nggak cocok sampai yang ngepass banget di kuping gue. Dan gak usah terlalu menghayati karena review gue disini 100% ngawur, sotoy dan cuma berpatok sama logika gue sendiri secara pribadi. Yuk monggo di cek.

8. Zutter

Sorry abang GD – TOP, lagu kalian ini harus nongkrong di posisi 8 hahaha. Dari dulu sampe sekarang kuping gue emang gak pernah bisa nerima lagu yang isinya RAP DOANG. Iya, lagu Zutter yang keluar di single album “E” ini emang cuma berisi rap dan hanya dilantunkan sama dua rapper handal andalan Bigbang, GD dan TOP. Gue sampe gak bisa berkata-kata loh saking gak cocoknya.

7. Bang Bang Bang

Nah lagu yang muncul di single album “A” ini udah lumayan bagus di awalnya. Iya awalnya aja, menurut gue aja sih ya. Di awal lagu udah yang kayak ngajak seru-seruan gitu HAHAHA. Tapi pas udah masuk reffrain, aduh mampus ketemu genre hip hop mabok nih. Langsung rada ilfiel sih, tapi emang ada beberapa bagian yang epic disini, kayak yang pas GD nyeletuk “chong majeun geoscheoreom” duh berasa beneran pengen nabok. Dan pas bagian akhir lagu udah yang bener-bener ngajak tawuran. Walaupun gitu, kayaknya lagu “Bang Bang Bang” ini termasuk salah satu single andalannya Bigbang, dan begitu pula dengan para penggemar Bigbang yang kayaknya single satu ini udah jadi salah satu single favorit mereka di album MADE. Kelihatan dari euforia “Bang Bang Bang” yang lumayan rame waktu itu. So, mungkin lagu ini worst di kuping gue, tapi lovable banget di kuping orang-orang. Ya nggak tau sih, selera orang kan beda-beda  HAHAHA (ngeles aja).

6. Bae Bae

Tiga lagu yang paling bikin gue gak cocok di album ini masih diisi sama lagu bergenre hip hop mabok, apanya lagi kalo bukan “Bae Bae”, salah satu single yang ada di album “M”. Dari awal musik muncul kita udah diajakin mabok. Ya gimana gak hip hop mabok, GD sama TOP ngerapp nya udah kayak orang mabok beneran. Musiknya juga ikutan mabok kayaknya. Pusing-pusing gimana gitu sih dengernya. Setelah diisi sama mabok-mabokan di awal, diselingi sama potongan ballad di tengah lagu. Abis gitu ngerapp mabok lagi. Begitu seterusnya sampe Jinki dateng ke rumah gue dan nyamperin bapak gue sambil ngomong “Papa, aku anakmu yang lama hilang”. Dan satu lagi. Ending lagu ini bener-bener gak sopan. Coba aja dengerin. Beneran gak sopan!

NB : 3 lagu di atas recomended banget buat kamu yang suka banget sama musik hip hop. Atau hip hop mabok. Atau genre mabok.

5. If You

Ini lagu paling galau dan paling sedih banget diantara lagu-lagu yang ada di album MADE. Bahkan Bigbang sendiri ngaku kalo ini adalah lagu galau paling galau yang pernah mereka keluarin semenjak debut. Gue pikir iya juga sih ya. Bigbang kan rata-rata lagunya ngajak tawuran semua HAHAHA. Eh tapi “If You” beneran sedih, loh. Recomended banget buat yang suka sama lagu-lagu ballad. Enak didenger, nada dan melodinya gue suka. Bagus kok, tapi karena gue kurang begitu suka sama genre ballad (lebih tepatnya gampang bosen), jadi lagu  slow yang ada di single album “D” ini gue taruh di posisi 5 aja. Dan menurut gue walaupun lagu ini kedengeran mellow dan sedih, rasa-rasanya lagu ini nggak setragis Day By Day (Haru Haru, lagu popular Bigbang tahun 2008). Iya, nggak semenusuk itu. Dan ngomong-ngomong di lagu “If You” ini gue suka banget sama vokalnya Daesung. Greget banget ala-ala penyanyi pop rock jadul jaman dulu HAHAHA entahlah gue ngarang.

4. We Like 2 Party

Nah lagu ini tipe gue banget sebenernya. “We like 2 Party” adalah single yang ada di album “A”. Westernnya kerasa banget di lagu ini, sampe-sampe di official youtube-nya Bigbang orang-orang pada bertanya-tanya yang kurang lebih pertanyaannya kayak gini “eh kok lagunya kedengeran One Direction banget ya?”. Duh. Ya aniway gak ada yang cacat sama sekali di lagu ini. I mean, dari awal lagu sampe akhir lagu bener-bener lovable banget buat didengerin. Tipe lagu santai dan emang bener-bener ngajak kita buat Party. Liriknya “We like to Party..” yang diulang-ulang bener-bener seru dan nempel banget di otak. Asyik buat dibikin dubsmash. Kalo aja Bigbang bikin versi english dari lagu ini, yakin deh lagu ini bakal jadi western song yang perfect banget.

3. Let’s Not Fall In Love

Ini lagu yang gimana ya, susah dijelasin. Lagu ini ada di single album “E”. Ini lagu pop ballad yang disempilin sama rap-rap kece dari TOP dan GD. Mungkin setipe sama Blue kali ya (Blue : salah satu lagu popular Bigbang tahun 2013). Dan bagian paling addict dari lagu ini sendiri ya pas bagian musiknya waktu TOP / GD ngerapp. Ya apa sih, ada manis-manisnya gitu J. Awalnya sih biasa aja dengerin lagunya, paling cuma ngangguk-ngangguk dikit karena lagunya emang rada ngebeat. Tapi pas sampe ke bagian TOP ngerap, tiba-tiba musiknya berubah jadi asyik banget, ya walaupun cuma bentaran doang tapi ujungnya gue jadi suka sama keseluruhan melodinya. Menurut gue ini adalah lagu yang nggak ketahuan mana reffrainnya. Jalan lurus cantik aja gitu sampe akhir, tapi gue suka lagunya kok. Lagunya nyantai, bahkan diawal-awal gue muter-muterin lagunya, gue suka gak sadar kalo udah sampe di ending. Ya tiba-tiba udah ada di menit sekian aja gitu. Ya namanya juga jalan lurus cantik.

2. Loser

Gue peringatin sekali lagi ya kalau lagu ini itu RACUN. Beneran racun. Oke lagunya bukan yang istimewa banget sih tapi tolong hati-hati sama efeknya. Nada reffrain yang ada di lagu itu bakalan terus menerus terngiang-ngiang menghantui kepalamu (halah!). Gak sih, gak. Gue aja kali. Haha tapi secara keseluruhan gue suka banget sama lagu ini. Enak aja didengernya. Ini bukan termasuk lagu yang heboh banget, bukan lagu yang ngebeat atau hip hop banget no no no. Lagu ini cuma racun. Lagu ini nadanya pelan, musiknya juga nyantai, tapi nada dan melodinya unik, nancep banget di kepala dan bikin susah move on, kayak ada sesuatunya gitu tapi gue gak paham apa itu (halah! Halah!). Ini adalah lagu yang dirilis pertama kali oleh Bigbang di tahun 2015 dan masuk di dalam single album “M” di bulan Mei kemarin. Sebagai lagu pembuka dari comeback ‘beruntun’nya Bigbang, I’m just like “oh kalian semua mau liat gue menggeliat nista ternyata”. Ya semacem itu sih.

1. Sober

Yass!! Sang jawara hati gue ternyata jatuh di salah satu single album “D” HAHAHA tolong banget gue menggila gara-gara single hina ini!!! Lagu terkurang ajar! Terbebal! Ternista! Ampas terong DASAR! Selera gue banget tau gak. Mulus banget sih gak ada yang cacat sama sekali di kuping gue (kecuali bagian ending pas lalalala itu lawak banget yang pas no sound, but it’s ok lah i’m still enjoy pliss gue ini ngomong apaan tulung). Lagunya kurang ajar banget ngajakin jejingkrakan mele dari awal sampe akhir sumpah kepala gue puyeng jedarr jederr mele. Ini mah kayaknya calon lagu sepanjang masa gue, genrenya kayaknya sejenis sama Crooked (salah satu main track di album solo GD yang juga jadi lagu favorit gue sampe sekarang yang masyaallah kurang ajarnya juga gak kalah). Intinya kayaknya gue emang ditakdirkan buat suka sama musik jedarr jederr jejingkrakan semacem “Sober”. DAN DI LAGU INI DAESUNG MENANG BANYAK hahaha bagian part dia nyanyi lebih banyakan sih ya ketimbang di lagu lain. Bedebah banget suaranya Daesung disini ngebunuh gue banget. GD juga pengen gue tabok suaranya kurang ajar cempreng nista banget disini ketauan nyanyinya sambil mabok! Apalagi kabar-kabarnya waktu perfom lagu ini Daesung dapet bagian nabuh drum Daesung jadi drummer dadakan bedebah tulungin gue tulung!!! “Sober” juara pokoknya. Walaupun MV nya kurang greget dan agak-agak gak modal gitu ya buat ukuran –ya you knowlah ya Bigbang from YG Entertainment yang you know lah MV nya cuma menggeliat-geliat hina di lapangan futsal belakang SMA gue dulu. Tapi lagunya kece men…

After all, album Bigbang kali ini cukup istimewa sih. Dari 8 lagu yang dikeluarkan 5 diantaranya ngena banget di kuping gue. Jarang-jarang kan idol yang hampir semua lagu di albumnya lovable banget buat didengerin. Dan bigbang adalah salah satu yang berhasil. Gue prever sama yang ngerilis 8 lagu tapi hampir kesemuanya greget loh ketimbang yang ngerilis 12-15 lagu tapi yang ngena Cuma 1-2 lagu doang uhukkk…

Gue juga lumayan salut sama mereka, ditengah grup yang suka comeback dengan musiknya yang jedag-jedug ala-ala pop disco – pop dance, Bigbang justru milih konsep jejingkrakan yang lebih kayak dibikin random sih kalo perfom, tapi lagu-lagu yang disuguhin fresh dan keren. I like it yo..

Review udah, muji-muji udah, salut-salutin juga udah. Sekarang gue pengen dong protes dikit. Soal Daesung nih, gue heran loh dia itu lead vocalnya Bigbang kan, suara dia juga udah pasti bagus dan keren banget, tapi kenapa di setiap lagu Bigbang yang gue denger (terutama di album MADE kali ini) selalu aja suara Taeyang Taeyang dan Taeyang. bagian part nyanyi Daesung itu dikiiit banget bahkan lebih sedikit dari GD.

Dan jangan bikin Seungri makan gaji buta disini ya Papa YG, sumpah bagian nyanyi dia selalu ngenes banget 8 detik doang udah alhamdulillah gitu ye ibaratnya. Oke mungkin Daesung Taeyang sama GD suaranya lebih punya warna ketimbang Seungri but atuhlah suara Seungri teh bagus pisan sayang banget kalo disia-siain. Gue aja suka muter ulang bagian part Seungri di lagu We Like 2 Party biar cuma seupil tapi suara dia bagus disitu duh kesayangan ya.

Ok yo segitu doang gue ngereviewnya. Capek ngetik banyak. Capek mikir. Capek dinistain sama mereka. Capek nunggu mas-mas SHINee bikin lagu jejingkrakan nista macem Crooked sama Sober. Capek nunggu Jinki dianak mantu sama bapak gue.

So bye bye.. hatur nuhun.. jangan lupa VIP beli albumnya di iTunes, jangan yang bajakan. Yang bajakan cuma berlaku buat non VIP macem gue HAHAHA ok ini kompor. See u next time… jangan lupa buat saling share yaa, paling suka sama lagu yang mana sih, di album MADE ini? 😀

Tag:

6 responses to “[REVIEW ALBUM] BIGBANG “MADE””

  1. dvapril says :

    aku jg ngira nya di lagu bae bae itu GD sama TOP nyanyi sambil mabok.
    fyi emang mereka katanya suka minum gitu di studio, liat aja di happy togerther mereka cerita begitu.
    bang bang bang jg emang lagu yg nyari ribut, tp anehnya aku seing dengerin yg ini awalnya aja ga suka. lama2 keracunan hahaha
    paling suka di album ini dari segi emosi(?) ya loser, sober karena lirik nya emang bgus MV nya terkeren di album ini jg suara daesung emang mendominasi sambil main drum gitu jg bang bang bang yg lagu nyari ribut tp racun banget eh yg let’s not falling in love jg soalnya sesuai dgn cerita hidup *oke ini curcol :” ga jg sih tp suka suara top yg bass seksi itu trus lagu yg lain kayanya sih cuma di play sekadarnya aja haha
    btw ini wp laras toh haha 😀

  2. Endang Setiawati says :

    Paragraf terakhir ngena banget ya.. 😛

    Gue suka semuanya! Tapi akhir-akhir ini lebih sering dengerin Zutter, hihi. Btw, Seungri emang partnya dikit di album sebelumnya juga. Malahan di Loser dia seneng banget karena dapet part lebih banyak..

    Pas di lagu let’s fall in love emang keliatan banget Daesung, Seungri partnya seupil. Tapi ya sebagai leader sekaligus yang nyiptain lagu, GD pasti lebih tau part mana yang lebih cocok buat membernya.. 🙂

    • mhchoi91 says :

      Iya mungkin karena zutter masih baru dikeluarin dari kulkas *eh
      Iya sih.. tapi lebih seneng gitu kalo dibagi rata, seenggaknya daesung dapet banyakan lah.. kan sayang.. haha

Tinggalkan Balasan

