The Hidden Flowers f(x)

NOTE : Maaf ya kalau misalkan ada yang tersinggung ^^ ini cuma sekedar ngeluarin isi otak doang yang sekiranya bisa meledak kalo gak cepet dikeluarin hehehe. Pada intinya ini hanya ulasan bagaimana f(x) bisa menjadi sosok yang pantas untuk dikagumi. Ok, salam SMstan. Saya tetap menghormati SNSD sebagai group yang berhasil membawa saya ke dalam dunia gila ini, dan masih tetap berstatus SHAWOL, fandom kesayangan. Tetap terjerat cintanya 5 mas-mas alay di Korea sana.

1499677_10151758168080740_1134191649_n

Annyeong.. kali ini gue mau cerita banyak soal f(x). Entah sejak kapan gue suka sama girlgroup yang notabene masih sister dari SNSD ini. Rasanya belum terlalu lama juga gue suka sama mereka. Gue mulai nunjukin respon positif semenjak album Pinocchio dirilis, dan percaya atau enggak respon gue ke mereka itu makin berkembang sampe sekarang.


Buat f(x), gue suka sama semua membernya. Victoria, Luna, Amber, Sulli, Krystal, astaga gue suka semuanya. Mereka dorky, mereka punya talenta, mereka unik dan mereka adalah gadis-gadis yang tegar dan kuat.

Gadis-gadis yang tegar dan kuat, maksudnya apa?

Kita cukup taulah ya gimana cara SM memperlakukan mereka. Selama lebih dari 4 tahun debut mereka, secuilpun gue gak pernah liat adanya tanda-tanda SM bakal kasih mereka nama fansclub ataupun solo konser.

F(x) diperlakukan sangat berbeda dari yang lain. Ok mungkin ada beberapa dari kalian yang mungkin bilang “f(x) kan emang gak tenar, jadi SM mungkin males mau kasih yang lebih..” atau “Ini masalah bisnis men, SM juga butuh keuntungan. Kalau misalkan f(x) gak menghasilkan duit buat mereka ya wajar kalau gak diurus..”

Yap, komentar semacem itu yang kadang gue lihat di beberapa media. Dan gue berani taruhan yang ngomong itu gak pernah tau apa-apa tentang f(x).

Ketika lo bilang f(x) gak tenar, gue bakalan kasih liat ini.

462485dc4b8a11e38fad1290e8e859c5_6

Ini adalah hasil votting mereka waktu masuk kategori girlgroup terbaik di M-net Asian Music Awards (MAMA) 2013. See? Mereka balapan sama

seniornya yang secara umum dikenal sebagai girlgroup no.1 di Asia bahkan f(x) sempat berada di posisi pertama.

30916711

Walaupun kembali tergeser, tapi menempati posisi kedua dengan jarak yang bener-bener ‘mepet’ itu bener-bener wah banget buat grup ‘bayangan’ semacem f(x). Apalagi posisi f(x) ini berada jauh di atas 2NE1 sementara 2NE1 ini menurut gue potensinya sangar banget men.

Kenapa f(x) gue sebut group bayangan? Karena mereka kurang terekspose. Hidup mereka seolah-olah selalu ada di bawah bayang-bayang senior-juniornya yang mungkin lebih sangat diperhatikan oleh SM. Dan gue gak yakin kalau misalkan gelar ini dikasih (dalam artian dipraktekan) ke group lain selain f(x) hasilnya bakal bisa se‘wah’ ini.

Dan sebenernya masih ada lebih banyak prestasi f(x) yang lain yang mungkin SM gak menyadari, dan gak mungkin juga gue jabarin disini satu-satu.

Bagi gue hasil vote MAMA kemarin  udah cukup menjadi bukti betapa f(x) sudah banyak merebut hati para penggemar. Jujur gue juga agak kaget waktu itu. Semacem “hah?? f(x) unggul?! Kok bisa??”

Dan setelah dipikir-pikir lagi, itu bikin gue sadar kalau dilihat dari jumlah fans, f(x) termasuk satu dari girlgroup KPOP dengan fandom terbesar dan terpopular di Asia. Haha iya, fandom tanpa nama dengan jumlah anggota yang sangat besar. Lucu gak sih?

Sedangkan untuk komentar bernada “f(x) gak menghasilkan keuntungan..” ya itu karena SM yang gak telaten mengeksplor mereka aja men. Jelaslah yang lain bisa kasih keuntungan lebih, para senior udah dikasih konser sana-sini, repackage album dan lain-lain. Sementara f(x) apa?

Bahkan junior mereka aja sekali comeback langsung repackage album dengan lagu-lagu yang super easy listening dan debut dengan 3 Music Video sekaligus (belum dihitung puluhan teaser mereka). Belum lagi album spesial natal wah udah deh istimewa banget.

Itu masih juniornya lho ya, rasanya itu kalo gue jadi f(x) kan berasa terinjak-injak aja. Kehormatan mereka sebagai senior rontok sudah. Jujur gue ngeliat f(x) sekarang kok masih berasa bontot-bontotnya SM aja. Gak ada kesan senior sumpah.

F(x) itu semacem udah untung aja dikasih comeback setahun sekali, tanpa repackage album pula. Wajar kalau misalnya f(x) punya penghasilan paling rendah dari yang lain. Salah siapa? Ya kembalilah pada yang mengelola.

Belum lagi masalah MV. MV mereka cenderung “gitu-gitu aja” selama beberapa kurun waktu terakhir. Konsepnya selalu sama. Bisa dilihat MV Electric Shock (2012) dan MV Rum Pum Pum Pum (2013), kesamaan konsepnya mungkin sekitar 95% HAHA.

Gak percaya? Silahkan dicek.

f(x) – Electric Shock

f(x) – Rum Pum Pum Pum

Gue juga pernah nemu komentar semacem ini “Mereka kerjaannya protes mulu. Yang sabar aja kenapa sih? Mereka pikir ngurus artis yang segitu banyaknya itu gampang apa?”

Gue terhenyak. Orang ini kenapa? Hal-hal yang terlintas di pikiran gue setelah baca komentar itu adalah :

  1. Dia gak tau gimana rasanya jadi fans f(x). Dia gak ngerasain diskriminasi manajemen yang menimpa idolanya. Dan iseng-iseng setelah gue buka profilnya ternyata dia itu SONE. Nah, kan dugaan bener. Ada kemungkinan dia gak ngerasain. Tapi ya please, gue yang shawol aja ngerasain masa’ dia enggak?
  2. Ngurus artis banyak emang gak gampang. Tapi kalau SM diibaratkan sebagai pasangan orang tua dan mereka cukup pusing mengurus anak-anak yang cukup banyak, logikanya kenapa mereka masih nekat bikin banyak anak? Aneh, kan.

Dan perlakuan diskriminasi SM yang paling kentara adalah masalah banner SMTOWN waktu konser di Tokyo Jepang.

BXfXO3bCYAAsT1d

f(x) mana nyett??

Dan masalah kalender 2014 SM juga sempet jadi kontroversi gegara f(x) gak ada di list sementara Infinite yang notabene ‘bukan siapa-siapanya’ SM justru sudah terpampang manis bersama artis-artis SM lainnya (Infinite berasal dari Woolim Ent. Yang baru-baru ini menjalin kerjasama bareng SM).

smtwon

Tapi untungnya sekitaran seminggu kemudian f(x) mulai dimunculin dalam list. Katanya sih emang agak molor soalnya f(x) pemotretannya telat. Alasan yang agak aneh sih tapi yaudahin aja.

fx-2014-season-greeting-calendar

Dan yang terakhir, adalah tentang SMTOWN WEEKEND. Tau kan? Ini acara konser harian yang diadain sama SM. Satu artis dapet jatah sehari. Misalnya, SHINee perfom tanggal 21, SNSD tanggal 22, begitu seterusnya para artis SM bergiliran konser selama seminggu berturut-turut.

Mulai dari sinilah ‘perasaan yang sesungguhnya’ dari gue ke f(x) muncul. Kita tau kalau f(X) harus berbagi jatah panggung barengan sama EXO. Ini jelas berat buat mereka, terutama para fans yang udah meraung-raung menggumam ‘kenapa dan kenapa’.

Setelah 4 tahun hidup tanpa nama fansclub dan tanpa adanya konser, tapi disaat mereka berkesempatan menunjukan kebolehan mereka di depan fans mereka sendiri, disaat yang bersamaan pula mereka juga harus rela berbagi panggung sama hoobaenya, EXO.

Gue sih mikirnya positif aja sih, ya. Emang kesannya SM semakin mendiskriminasikan f(x) tapi khusus buat yang satu ini gue ada pemikiran yang agak lain. Mungkin ya lo tau kan EXO debut belum nyampe 2 tahun. Status mereka masih rookie group, pastilah mereka belum punya banyak album seperti para seniornya. Jadi mungkin ini alasan SM memilih f(x) buat jadi partner mereka.

-“Walaupun gue sendiri gak yakin kalau misalkan f(x) ada di posisi rookie group mereka bakal diikut sertakan ke dalam acara ini.”

Tapi gara-gara fenomena ini juga gue jadi bener-bener ngerasa simpati ke f(x). Perjuangan mereka semenjak debut sampe sekarang itu bener-bener gak bisa dianggap remeh. Mereka hebat, mereka masih bisa tersenyum dan menghibur para fans.

Sikap mereka yang legowo itulah yang bikin gue punya suatu rasa yang beda aja ke f(x). Rasanya aneh, agak nyesek liat nasib mereka sekarang yang penuh sama ketidakadilan yang dibuat sama SM, tapi sebenernya rasa kagum gue ke merekalah yang lebih dominan.

Karena setiap liat f(x), yang terlintas di otak gue itu cuma “gimana mereka bisa kuat gitu, ya? Kenapa mereka gak coba out dari SM aja? Kok bisa, ya mereka bertahan di manajemen itu?”

Dan mungkin aja telah timbul dalam diri gue, tentang rasa-rasa penasaran yang lebih ke mereka. Poin utama yang harus kita tau tentang mereka : f(x) sekalipun tidak pernah mengeluh atas sikap manajemen.

Bayangin aja kalo Amber bikin video-video serem mirip Ahreum T-Ara di Instagram, colok mata, iris kuping, colokin lubang idung! Atau Krystal dengan rambut merahnya teriak-teriak stress mirip Marshanda jaman bahuela “Buat manajemen gue yang gak pernah ngertiin gue… bla bla bla!”

Serem kan..? Kan gak lucu..

Ketika group lain mengungkapkan kekecewaannya pada media / sosial, maka f(x) 404 not found. Entah hanya masalah ‘gue kok kurang terekspos timbang member lain’ atau apa, sedikitpun mereka tidak pernah mengeluh. Itulah yang jadi alasan utama kenapa gue bisa kecantol sama mereka.

Dan jujur aja gue gak mengagumi kecantikan, bakat ataupun personality mereka (kecuali dance mereka yang emang patut diapresiasi). Semuanya terasa sama seperti girlgroup lain. Bakat yang dimilikipun sama. Walaupun semua emang good looking dan perpaduan vokalnya lumayan unik, tapi bukan itu yang gue cari.

Jadi, sebenernya rasa kagum gue itu muncul atas dasar perjuangan keras mereka (sebagai sesama cewek), gimana mereka bisa tahan tinggal di rumah yang sama sekali gak ngurusin mereka secara layak.

Gue semakin jatuh cinta sama f(x) setelah liat fancam-fancam mereka pas konser Christmas Wonderland kemarin. Koreografi mereka di album Pink Tape yang gak gue sangka-sangka ternyata KECEEEEE BANGET. Cetarrr membahana atau apalah itu.

Terutama koreografi Step sama No More. Asli gue gak bisa kedip sekalipun lihat gerakan-gerakan mereka yang catchy. Step gerakannya energik dan unik, susah dijelaskan. Gerakannya sedikit fokus ke kaki dan sumpah itu keren.

Koreo No More, anjir ini gue gak bisa bayangin kalau koreo ini dikasih ke girlgroup lain. Pasti bakalan over. Iye, over cute. Ini koreo bener-bener cute dan lucu, ada bbuing-bbuingnya! Tapi f(x) pembawaannya beda, mereka cutenya semacem gak menye-menye bikin orang tetep nyaman liatnya dan gak jijik.

Cek, ya.. sumpah keren. Tapi cuman fancam sih, hehehe..

f(x) – Step fancam (Victoria focus)

f(x) – Step fancam

f(x) – No More (fancam)

Fancam ini berhasil memaksa gue buat nekat mau ngebeli DVD dari SMTOWN WEEKEND Christmas Wonderland demi f(x)! OMG padahal awalnya gue cuman pengen ngebeli The Wizard nya SHINee. Ya Tuhan duit gue.. demi Step sama No More HAHAHA tolong katakan gue udah gila sekarang.

Ya seperti yang gue bilang barusan, gue gak mengagumi apa-apa dari f(x) kecuali sikap gentle mereka dan tentunya koreo dance mereka yang strong dan gak mainstream. Itu bener-bener jadi nilai plus buat f(x). Mereka bener-bener perfect buat menyandang gelar “Group versi wanita dari SHINee”!

Dan gara-gara itu juga, asli demi apapun, gue bener-bener udah jatuh hati sama f(x). Mereka cewek-cewek yang tahan banting dan itu bener-bener menginspirasi banget. Dan fandom mereka juga adalah sekumpulan manusia yang kuat dan setia. Gue gak paham makhluk jenis apakah mereka sampe bisa sesetia itu sama f(x) yang bisa dibilang f(x) itu ‘kurang tampak’.

Dan gue salut banget sama fans f(x) yang gue tau mereka itu calm, sabar dan tahan banting juga. Mereka bukan tipe fandom yang doyan fanwar, tapi doyan banget ngebacotin SM hehehe (ciri khas fandom SMTOWN ya ngebacotin SM kales).

Yang istimewa adalah ketika gue tau kebanyakan fandom senior merasa simpati ke f(x) dan juga fansnya, termasuk fandom gue ini –shawol. Bahkan ada istilah semacem ini dalam kamus fandom gue dan entah siapa pencetusnya :

‘The only girls I ship with SHINee are f(x), and the only boys I ship with f(x) are SHINee’ elah terharu banget gue liet kedeketan Shawol & f(x)stan. Bahkan sampai detik inipun belum pernah gue liat dua fandom manis ini berantem. HAHAHA.

Intinya, gue berharap sukses selalu buat f(x)! Dan semoga tahun 2014 ini adalah tahun yang istimewa buat mereka, dan juga para fans mereka. Kalian adalah kesayangan para senior yang sesungguhnya. Sekian dan Bye… (^^)y

Remember! f(x) isn’t underated aniway.. they’ve a lot of fans. They are the Asian Female Pop Dance Group. The reason that makes f(x) looks so underated is you, SM Entertainment.

Iklan

Tag:, , , , , ,

101 responses to “The Hidden Flowers f(x)”

  1. dmayxox says :

    kakak… sy nangis bacanya… 😥
    makasih kakak ya… ini keren banget sumpah….

  2. jifah unnie says :

    Ya ampun ak jg ngerasain ap yg km rasakan. Kasian mereka duh jd sedih lg klo ingat. Anyway biarpun mereka ga pny nm fandom ak tetap setia sm mrk. Cz benar kt km mereka ga prnh ngeluh walaupun diperlakukan ga adil ky gitu. Ya ampun td ak bca di instagram klo kalender utk f(x) 2015 ga ad dlm list sama kejadian ky thn lalu. Benar2 tdk adil. Ak berdoa mdh2n mrk pindah manajemen aja ke YG ato JYP krn dsna semua artist diperlakukan sama ga ky di SM. F(x) hwaiting

    • mhchoi91 says :

      Thanks udah mampir dan makasih juga udah setia sama mereka hahaha ^^
      Tapi beneran ya f(x) gak ada di list buat kalender SMTOWN 2015?
      Wah.. kalo diterusin sampe akhir tahun ini artikel f(x) ini bakalan panjang banget kira2 ya :/

  3. 露露和aiy-朴善怜 (@luquinton) says :

    sebenernya kalo f(x) kurang menghasilkan dan karna itu mereka jd diperlakukan ga adil gitu gue ragu, tahun 2013 majalah forbes korea rilis penghasil artis boy/fe-group dan f(x) masih diatas Shinee(154billion won) dan EXO(144 billion won) *gue masukin shinee karena sesama manajemen jangan marah ya hehehe* sementara f(x) 167 billion won. penghasil itu dapet dari endors, album sama goods. jadi intinya kalo menurut gue, mereka bukan karena ga berpenghasilan memuaskan makanya di perlakukan ga adil, tapi emang ada sesutau yang buat SM ga adil sama mereka dan gue ga tau apaaaaa T^T anyw, tulisan kamu bagus dan real apa adanya tapi soal fandom kalem dan ga doyan fanwar emang iya kita ga doyan FANWAR sama FANDOM LAIN kita hobinya INTERNAL FANWAR wkwk fyi aja kita ga sekalem dan sebaik” yanng di kira orang… f(x)fans danger

    • mhchoi91 says :

      Hahaha enggak gak marah kok..
      Iya ini emang agak kesalahan sih ya udah ada yg ingetin tapi sampe sekarang masih belum sempet edit juga..
      Dan soal fans f(x).. iya gila aku baru taunya juga pasca ngepost postingan ini.. gemes juga sih liatnya.. berharap aja f(x) cepet dapet nama fansclub.. itu satu2nya kunci supaya masing2 fans member bisa gabung dan saling support.. karena bukan fans f(x) namanya kalo cuma berat sebelah doang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: